Study Academic Goes to Perpusnas RI

Jakarta, 15 Desember 2023 – Mahasiswa dari Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta melakukan kunjungan ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI). Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengembangan pengetahuan dan wawasan mahasiswa. Selain itu, sebagai bentuk realisasi MoU dan MoA IIQ Jakarta bersama PERPUSNAS RI dalam kegiatan study academic yang mengintegrasikan mata kuliah Pengembangan Profesi Pendidik dan Metodologi Penelitian.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan soft skill mahasiswa di bisang keilmuan prodi dan melek literasi informasi untuk menghadapi tantangan era digitalisasi saat ini.

Dalam kunjungan tersebut, sekitar 100 mahasiswa dari Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta diberikan kesempatan untuk mengenal lebih dekat dengan peran dan layanan perpustakaan nasional dalam menyediakan akses informasi dan literasi bagi masyarakat. Kunjungan ini juga diharapkan dapat menjembatani mahasiswa dalam menggunakan sumber daya perpustakaan dengan baik.

Para mahasiswa diperbolehkan untuk menjelajahi berbagai bagian perpustakaan disetiap lantainya. Selama kunjungan, mahasiswa IIQ Jakarta diperkenalkan sistem informasi yang digunakan untuk mengelola dan menyediakan akses terhadap koleksi perpustakaan. Termasuk diberikan fasilitas untuk membuat kartu perpusnas RI.

Kunjungan ini juga dihadiri oleh Rektor IIQ Jakarta Dr. Hj. Nadjmatul Faizah, SH, M. Hum dan ditemani oleh Kaprodi PAI Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta, juga kepala Perpustakaan dan tim pengelola perpustkaan IIQ Jakarta. Rektor IIQ Jakarta berharap kunjungan ini dapat mendorong mahasiswa untuk lebih sering memanfaatkan sumber daya perpustakaan dalam rangka mendukung pencapaian akademik mereka.

15/12