Penandatanganan MoU antara Perpustakaan IIQ dan Perpustakaan MPR RI

Jakarta, 13 Desember 2023 – Pada hari Rabu, mahasiswa Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta melakukan kunjungan dan penyuluhan ke Perpustakaan MPR RI guna memperluas pengetahuan mereka.

Kunjungan tersebut diinisiasi sebagai langkah konkret dalam memperluas wawasan mahasiswa dan pengembangan kemampuan dalam memanfaatkan sumber daya ilmu pengetahuan. Perpustakaan MPR RI dipilih sebagai tujuan kunjungan karena memiliki koleksi menyimpan berbagai bidang literatur.

Kunjungan yang diikuti sekitar 30 peserta dari IIQ Jakarta ini bertempat di Ruang Delegasi, Nusantara V, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jl. Jend Gatot Subroto, No. 6, Jakarta Pusat.

Dalam kunjungan tersebut, mahasiswa diberikan kesempatan untuk menjelajahi perpustakaan MPR RI dan mengeksplorasi koleksi buku dan literatur yang tersedia. Selain itu, para mahasiswa IIQ Jakarta ini juga diberi kesempatan untuk melakukan tour building yang dipandu oleh staf Perpustakaan seperti mengambil dokumentasi di Gedung ikon parlemen tangga Gedung kura-kura, berkeliling ke Museum DPR RI dan Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara.

Kepala Lembaga Perpustakaan IIQ Jakarta Titan Violetta menyatakan kunjungan ini sangat berguna bagi mahasiswa IIQ Jakarta. Karena mereka dapat menggali lebih dalam tentang sejarah dan politik Indonesia langsung dari sumbernya. “Perpustakaan MPR RI memiliki koleksi yang sangat beragam dan kami berterima kasih atas kesempatan ini,” ujarnya.

Selama kunjungan, sebuah perjanjian kerjasama (MoU) juga ditandatangani antara Institut Ilmu Al-Quran Jakarta dan Perpustakaan MPR RI dalam bidang perpustakaan. Penandatanganan ini dilakukan oleh Plt Sesjen MPR RI Siti Fauziah, SE, MM dan Rektor IIQ Jakarta Dr Hj. Nadjmatul Faizah, SH, M. Hum.

Perjanjian kerjasama ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antara kedua institusi dalam hal akses literatur, sumber informasi, penelitian, penyelenggaraan seminar atau workshop serta pengembangan ilmu pengetahuan dan bidang perpustakaan.

Dalam sambutannya, Rektor IIQ Jakarta menyampaikan terimakasih kepada perpustakaan MPR RI yang sudah menerima rombongan dari IIQ Jakarta dengan baik. Menurut Rektor, kegiatan pemanfaatan literasi semacam ini sangat penting mengingat perpustakaan adalah jantungnya kampus. Rektor pada kesempatan ini memperkenalkan sejarah singkat IIQ Jakarta dan prodi-prodi yang ada di IIQ Jakarta.

Sementara itu, Plt Sesjen MPR RI Siti Fauziah, SE, MM berharap semoga kerjasama ini menjadi kerjasama yang strategis untuk menularkan ilmu dan membawa manfaat yang nyata bagi Masyarakat.

Kunjungan ini diisi dengan seminar penyuluhan oleh Perpustakaan MPR RI dengan menghadirkan pembicara Ibu Yusniar., S.H (Pustakawan Madya), Ibu Titin Hartini, S.Sos (Pustakawan Muda), Bapak Satrya Yudha Hartanto (Pustakawan Muda).

Melalui kunjungan ini, Institut Ilmu Al-Quran Jakarta berharap dapat memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa, serta memperluas jejaring kerjasama dalam bidang penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Turut hadir mendampingi Rektor yaitu Ketua Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPKM) Dra. Hj. Chalimatus Sa’dijah, MA, yang merupakan istri dari Wakil Ketua MPR RI, Bpk. Dr. H. Jazilul Fawaid, S.Q,. MA, Kepala Perpustakaan IIQ Jakarta, Kepala Biro AUK dan Kepala Bagian Kemahasiswaan IIQ Jakarta.

14/12